Selasa, 10 April 2012

RAMALAN KEDATANGAN NABI MUHAMMAD DALAM BIBLE (Bagian 1)

 SEORANG NABI YANG DITUNGGU

Perdebatan di thread "Muhammad dalam bible" cukup seru.
Saya pisahkan bahasan ini karena saya akan memfokuskan saksi-saksi yang diambil dari biografi-biografi Muhammad saw yang memberikan informasi bagaimana seorang nabi itu sudah ditunggu-tunggu mereka.
Semoga ini dapat memberikan informasi lebih segar.
Pada salah satu postingnya, sdr raybean mengutipkan sbb:
-----------------------------------------
Dilihat dari pertanyaan Orang-orang Israel saat itu pada Yohanes pembaptis maka nyatalah bahwa mereka menunggu-nunggu kedatangan tiga orang besar yaitu:
1. Mesias (Yesus)
2. Elia (Yohanes Pembaptis)
3. nabi yang akan datang
-------------------------------------------
Informasi dibawah ini dikutipkan dari:
"MUHAMMAD, a Biography of the prophet" karya Karen Armstrong,
terbitan Harper Collin & HarperSanFransisco1993.

SAKSI PERTAMA

Hal 78
"One year he (Abu Thalib) decided to let Muhammad (ketika itu Muhammad berumur 6 tahun - sem) accompany him on a business trip to Syria, and, to the surprise of the Quraisy, when they reach Basra the local monk Bahira rushed out of his cell to invite them to a meal. He usually ignored the caravan but this year he had seen that it was overshadowed by a bright cloud, which told him the long awaited PROPHET must be present "

Terjemahan bebas:
"Setahun lamanya Abu Thalib memutuskan untuk membiarkan Muhammad menemaninya dalam perjalanan bisnis ke Siria, dan, yang mengejutkan para Quraisy, ketika mereka sampai ke Basra pendeta local yang bernama BAHIRA bergegas keluar dari tempatnya untuk mengundang mereka makan-makan. Dia biasanya tidak pernah memperdulikan kafilah-kafilah (rombongan), tapi tahun ini dia melihat karavan itu dipayungi oleh AWAN yang terang yang mana mengingatkan dia bahwa NABI YANG LAMA DITUNGGU SUDAH TIBA
----------------
Sampai disini ada 2 point yang dapat kita ambil:
1. Benar mereka sedang menunggu NABI yang akan datang.
2. Menyanggah mereka yang mengatakan bahwa tidak ada lagi Nabi setelah Yesus.
----------------
Beberapa paragraph kemudian K Armstrong menceritakan:
After the meal, Bahira took Muhammad to one side and ask him to swear by al-Lat and al-Uzza, the goodness of his peopleand he would answer him truthfully "Don't ask me by al-Lat and al-Uzza" Muhammad protested, " for by ALLAH nothing is more HATEFUL to me that those two" instead he swore by ALLAH alone, and answer Bahira's Questions about his life. Then the monk examined his body and found the special MARK of PROPHECY BETWEEN HID SHOULDER

Terjemahan bebas:
Setelah acara makan, Bahira membawa Muhammad ke sisinya dan memintanya untuk bersumpah dengan nama Latta dan Uzza (2 berhala yang terkenal saat itu) dan di menjawabnnya dengan tegas " Jangan suruh saya bersumpah demi Latta dan Uzza" protes Muhammad,"Demi ALLAH tidak ada yang sangat saya benci kecuali 2 benda itu". Selain dia bersumpah dengan hanya nama ALLAH, dia juga manjawab pertanyaan-pertanyaan Bahira mengenai hudupnya. Lalu pendeta itu memerikasa tubuhnya dan menemukan TANDA KHUSUS DARI RAMALAN diantara kedua bahunya
------------------------------
Muhammad saw sebagai mana yang diceritakan didalam hadits-hadits, memiliki tanda FISIK kenabian. Yaitu sebuah tonjolan diantara kedua bahunya.
Yang menarik disini, ternyata CIRI_CIRI FISIK dari Nabi yang akan diturunkan ternyata juga ADA dalam KITAB mereka dan dijelaskan secara spesifik dimana cirri itu diletakkan.

Dibawah ini adalah saksi berikutnya, Sebelum menikah dan kenabian.
--------------------------
SAKSI KEDUA

Hal 80

Muhammad agreed to take her (Khadijah r.a ) commission and set off on a decisive trip. One Maysara (seorang laki yang menemaninya pergi berdagang -sem) who accompanied him saw many strange things, which he duly reported back to Khadija. A MONK, he claimed, had taken him aside and told him that Muhammad was the Prophet whose coming was so eagerly awaited

Terjemahan bebas:
Muhammad saw setuju untuk menjalankan tugas yang diberikan Khadijah r.a di berangkat. Suatu saat Maysara yang menemaninya melihat beberapa kejadian yang aneh/ganjil, yang mana kemudian dilaporkan pada Khadijah ra. SEORANG PENDETA, katanya, membawa ke sisinya dan mengatakan bahwa Muhammad adalah seorang Nabi yang kedatangannya sedang ditunggu-tunggu
SAKSI KETIGA

Hal 80
When Khadija heard this stories, she went straight to consult her cousin Waraqa ibn Naufal, the hanif, who had become a Christian and had studied the scriptures. Waraqa was eagerly waiting the Arabian Prophet, however, when he heard Khadija's news he exclaimend "If this is true, Khadija, verily Muhammad was the Prophet of this people".

Terjemahan bebas:
Ketika Khadijah ra. Mendengan cerita-cerita ini, dia langsung pergi ke sepupunya Waraqa bin Naufal yang sudah menjadi Kristian dan sidah belajar naskah-naskah. Waraqa yang sangat menunggu kedatangan Nabi yang berasal dari Arab, bagaimanapun, ketika dia mendengat kabar dari Khadijah ini di menyatakan: "Kalau ini benar, Khadijah, saksikanlah bahwa Muhammad adalah Nabi untuk masyarakat ini".
-----------------------------
Waraqa adalah seorang ahli naskah-naskah kuno terutama Bible. Jelas dia sendiri melihat adanya ramalan tentang akan turunnya seorang Nabi dari Arab.
---------------
Pada hal 85 diterangkan tambahan komentar dari Waraqah sbb:
"Waraqa has no doubts at all "Holi ! Holy !" he cried at once :" if you have spoken the truth to me, O Khadija, there has come to him the greatest NAMUS who came to Moses aforetime, and lo, he is the prophet of his people

Terjemahan bebas:
Waraqa tidak ada keraguan sama sekali "Holy!Holy!" teriaknya:"kalau engkau bicara benar pada saya wahai Khadijah, Yang datang pada dia adalah NAMUS yang pernah datang sebelumnya pada Musa, dan ini dia, dia adalah Nabi untuk masyarakatnya".
-------------------------------
NAMUS adalah JIBRIL.
Didalam hadits-hadits Jibri a.s kadang dinamakan "al-Namus al-akbar.

Untuk yang memiliki buku ini, saya persilahkan membuka halaman-halaman yang saya sebutkan.
---------------------
SAKSI KEEMPAT

Hal 73
A rabbi of great piety had actually emigrated to Yathrib (Madinah) from Syria.
When people asked him why he had left the gentle, fertile country for "a land of hard ship and hunger", he had replied that he had wanted to be in the HIJAZ when the PROPHET arrived. "His time has come" he said to JEWISH tribes of Yathrib.

Saksi-saksi seperti ini banyak bertaburan pada biografi-biografi Muhammad saw.
Untuk yang memiliki buku ini, saya persilahkan membuka halaman-halaman yang saya sebutkan.

Ini sekedar argumentasi terhadap nabi yang ditunggu-tunggu atas kedatangannya, sebagaimana yang mereka saksikan sendiri pada kitab mereka. Kenyatannya sudah diceritakan secara detail mengenai ciri-ciri Nabi tsb. Semua ciri tepat ini tepat jatuh pada Muhammad saw.
Salah satu kebencian Yahudi terhadap Nabi Muhammad saw, karena ternyata Nabi yang dijanjikan tsb jatuh diluar garis keturunan Ishak a.s. Ini memberikan saksi lain bahwa benar seorang nabi sedang ditunggu-tunggu.

Pada hal 73, kita dapat sesuatu yang menarik.
"Some Arab Christian in Syriac Church had translated one passage of the Gospels in such a way as to indicate that they expecting Muhammad's message. Jesus has said that after his death he would send his disciples a COMFORTER (the paraclete), who would remind them of everything he had taught them and help them to understand it."
(referensi diambil dari "The life of Muhammad karya A Guillaume, London, 1955)
In the Syriac lectionary "Paraclete" had been translated by the word MUNNAHHEMA, which after the event, seem very close to MUHAMMAD. Other Arab Christians had read peryklytos instead of paraclete which translated by the Arabic "Ahmad This was a common name in Arabia and, like "Muhammad, it means The Praised One"
(referensi diambil dari "Muhammad: The Man and His Faith" karya Tor Andrae, terbitan Theophil Menzel, London, 1936)

Ini bertentangan dengan mereka yang menterjemahkan Paraclete sebagai "ROH KUDUS".

Ditemukan dari buku:
"Riwayat Kehidupan Nabi Besar Muhammad saw" karya H.M.H. Al Hamid Al Husaini, terbitan Yayasan Al-Hamidy, 1992, Jakarta.

Hal 224
"Dalam kesempatan itu pendeta Bahira menanyakan berbagai so'al kepada Muhammad saw.: mengenai keadaannya, tidurnya, urusannya sehari-hari dan sifat-sifat beliau. Semua pertanyaan Bahira beliau jawab, ternyata semua jawaban yang beliau berikan COCOK dengan sifat-sifat beliau yang telah diketahui Bahira dari kitab-kitab agama yang dipelajarinya.
-----------
Perhatikan kalau ternyata pendeta Bahira menyaksikan NUBUAT yang sangat detail tentang nabi yang akan turun dari kitab-kitab sebelumnya.
Lalu kita mempertanyakan.
Apakah Bible yang dimiliki pendeta Bahira berlainan dengan yang ada jaman sekarang?
Al-Qur'an sendiri mengatakan bahwa pada kitab-kitab sebelumnya ada tertera nama Muhammad didalamnya. Malah dikatakan bahwa mereka sudah mengenal Muhammad saw seperti saudara mereka sendiri (sebelum Muhammad saw lahir). Itu karena sudah dijelaskan secara rinci karakter nabi tsb.

Kisah-kisah ini membuktikan kebenaran Al-Qur'an. Dan benar juga Al-Qur'an yang mengatakan mereka para Ahli kitab Yahudi sudah menghapus nubuatan ini dari kita mereka.

Belum lagi saya menceritakan pada anda kisah masuk Islamnya Salman Al-Farisi salah satu sahabat Nabi saw. Beliau (Salman r.a) seumur hidupnya menunggu kedatangan Nabi yang dijanjikan, sampai beliau ketemu Nabi Muhammad saw di Madinah. Beliau langsung memeriksa ciri fisik Muhammad saw, dan ditemukan ternyata benar itu ciri kenabian.




(A) Nama Nabi Muhammad Dalam Kitab Kidung Agung

(Kidung Agung 5:16)
hikvō mamətaqqîm vəkullvō mahămadîm zeh dwōdî vəzeh rē‘î bənwōt yərûšālāim.
Lafaz Ibrani pada kitab Kidung Agung (Song of Solomon) sangat jelas mencantumkan nama Muhammad (MHMD) dengan menambahkan kata “dim” yang bermaksud “Yang Agung”.
(Teramat manis tutur katanya, dia adalah mahămadîm. Inilah kekasihku dan sahabatku, O puteri-puteri Yerusalem.)
mahămadîm dalam Bible berbahasa Inggris diterjemahkan “lovely “, dalam bahasa Arab mahămadîm seharusnya menjadi MUHAMMADIM.
Namun pendeta/pastur Arab Kristen yang tidak mau untuk menerima kebenaran kata “muhammadim” adalah nabi “Muhammad Yang Agung”. Mereka mengatakan bahwa muhammadim artinya seseorang yang memiliki karakteristik terpuji (bahasa Arab : hamidah). Dan ternyata para pendeta Arab Kristen cepat bertindak dengan mengedit Bible dan mengubah mahămadîm menjadi Habiibii seperti yang dapat anda saksikan di Bible berbahasa Arab terkini.
Namun, benarkah “muhammadim” hanyalah sifat dan sama sekali bukan nama orang ? Sekarang sila perhatikan ayat-ayat lain di dalam Bible ini;
(Kidung Agung 5:10)
(Hebrew) דודי צח ואדום דגול מרבבה׃
(Hebrew With Vowel) דֹּודִי צַח וְאָדֹום דָּגוּל מֵרְבָבָֽה׃
(Transliterasi) dvōdî sah və’ādvōm dāgûl mērəbābâ:
(KJV) My beloved white and ruddy, the chiefest among ten thousand.
(Terjemahan Bebas) Kekasihku itu putih dan merah sehat, pemimpin diantara 10.000 orang.
(Kidung Agung 5:16)
(Hebrew) חכו ממתקים וכלו מחמדים זה דודי וזה רעי בנות ירושׁלם׃
(Hebrew Wiith Vowel) חִכֹּו מַֽמְתַקִּים וְכֻלֹּו מַחֲמַדִּים זֶה דֹודִי וְזֶה רֵעִי בְּנֹות יְרוּשָׁלִָֽם׃
(Transliterasi) hikvō mamətaqqîm vəkullvō mahămadîm zeh dwōdî vəzeh rē‘î bənwōt yərûšālāim:
(KJV) His mouth is most sweet: yea, he is altogether lovely. This is my beloved, and this is my friend, O daughters of Jerusalem.
(Terjemahan Bebas) Teramat manis tutur katanya, dia adalah mahămadîm. Inilah kekasihku dan sahabatku, O puteri-puteri Yerusalem.
Sangatlah jelas “my beloved” adalah MAHAMADIM (MHMDM) atau MUHAMMADIM (Muhammad Yang Agung) adalah pemimpin 10.000 orang. Nabi Muhammad adalah pemimpin 10.000 pasukan dalam penaklukkan kota Mekkah di Paran.
(B) Keturunan Nabi Muhammad saw
Sesungguhnya Nabi Ibrahim dan anaknya (Nabi Ismail) telah berdoa ketika berada di Mekkah agar Allah SWT menjadikan keturunan mereka sebagai umat yang tunduk dan patuh kepada Allah SWT.
“Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) diantara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadat haji kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang. Ya Tuhan kami, utuslah untuk mereka sesorang Rasul dari kalangan mereka, yang akan membacakan kepada mereka ayat-ayat Engkau, dan mengajarkan kepada mereka Al Kitab (Al Quran) dan Al-Hikmah (As-Sunnah) serta mensucikan mereka. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana.” (Surah Al-Baqarah 2:128-129)
Dalam Perjanjian Lama (Taurat) dicatat :
“Tentang Ismael, Aku telah mendengarkan permintaanmu; ia akan Kuberkati, Kubuat beranak cucu dan sangat banyak; ia akan memperanakkan dua belas raja, dan Aku akan membuatnya menjadi bangsa yang besar.” (Kejadian 17:20)
“Bangunlah, angkatlah anak itu (Ismail), dan bimbinglah dia, sebab Aku akan membuat dia menjadi bangsa yang besar.” (Kejadian 21:1)
Tidak ada keturunan Ismail suatu umat yang berjaya, kecuali umat Nabi Muhammad saw, sebagaimana yang Allah firmankan,
“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah.” (QS Ali Imran 3:110)
Dalam Perjanjian Lama Taurat Kitab Ulangan,
(Ulangan 18:18)                                                                                                                                    “Seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya.”
Yang dimaksudkan dari antara saudara mereka adalah Bani Ismail dan BUKANNYA Bani Israel sebagaimana keyakinan Yahudi dan Kristen. Yahudi beranggapan bahwa nubuat Ulangan 18:18 adalah untuk Yosua, sedangkan Kristen beranggapan bahwa nubuat Ulangan 18:18 adalah untuk Yesus.
Namun pernyataan Umat Kristen dan Yahudi tertolak dengan sendirinya melalui ayat,
(Ulangan 34:10)
וְלֹֽא־קָם נָבִיא עֹוד בְּיִשְׂרָאֵל כְּמֹשֶׁה אֲשֶׁר יְדָעֹו יְהוָה פָּנִים אֶל־פָּנִֽים׃
vəlō`-qām nāby` ‘ovd bəyiśərā’ēl kəmōšeh ‘ăšer yədā‘vō yəhvâ pānîm ‘el-pānîm
vəlō` (TIDAK) -qām (BANGKIT) nāby` (NABI) ‘ovd (LAGI) bəyiśərā’ēl (ISRAEL) kə (SEPERTI) mōšeh (MUSA) ‘ăšer yədā (KENAL) ‘wō yəhvâ (TUHAN) pānîm (MUKA) ‘el-pānîm (MUKA).
“Tidak ada lagi nabi yang bangkit di Israel, Seperti Musa yang dikenal Tuhan dengan berhadapan muka.” (Ulangan 34:10 Terjemahan Bebas)
PERHATIAN : Nabi Muhammad adalah Nabi seperti Musa, karena ia memiliki kitab suci dan hukum yang baru, dan nabi Muhammad bukanlah orang Israel. Berdasarkan Ulangan 34:12, hanya nabi Musa saja di kalangan bani Israel yang dianugerahi mukjizat luar biasa oleh Tuhan. Jadi nabi Yosua, nabi Yesus, dan nabi-nabi dari kalangan bani Israel lainnya sama sekali tidak ada yang bisa menyamai mukjizat nabi Musa (baca Ulangan 34:12).
Ulangan 34:12 (KJV Bible)
And in all that mighty hand, and in all the great terror which Moses shewed in the sight of all Israel.
Ulangan 34:12 (LAI 1974)
dan dalam hal segala perbuatan kekuasaan dan segala kedahsyatan yang besar yang dilakukan Musa di depan seluruh orang Israel.
Ulangan 34:12 (Transliterasi)
úləkol hayyād hahăzāqāh úləkol hammovrā` haggādovl `ăser ’āsāh moseh lə’ēynēy kāl-yisərā`ēl.
Ulangan 34:12 (Bahasa Ibrani)
וּלְכֹל הַיָּד הַחֲזָקָה וּלְכֹל הַמֹּורָא הַגָּדֹול אֲשֶׁר עָשָׂה מֹשֶׁה לְעֵינֵי כָּל־יִשְׂרָאֵֽל׃
Taurat mencatat bahwa Ismail adalah seorang pemanah di padang pasir Pasir.
“Allah menyertai anak itu (Ismail), sehingga ia bertambah besar; ia menetap di padang gurun (Paran) dan menjadi seorang pemanah.” (Kejadian 21:20)
Nabi Muhammad pun telah mengisyaratkan dalam haditsnya bahwa nenek moyangnya adalah seorang pemanah. Dan dalam hal ini telah terjadi pada kabilah Aslam beberapa orang dari mereka yang memanah dengan busur, maka nabi Muhammad berkata kepada mereka:
“Panah lah wahai keturunan Ismail, sesungguhnya bapak kamu (Ismail) adalah seorang pemanah.” (Bukhori kitab al Jihad wa Sair, Ibnu Majah dalam kitab Al Jihad).
(C) Karakteristik Nabi Muhammad Di Dalam Alkitab
Imam Ahmad bin Hanbal meriwayatkan sebuah hadits yang disandarkan kepada Abdullah bin Mas’ud yang menyatakan bahwa Rasulullah SAW mendengarkan orang-orang Yahudi membaca Taurat di sebuah Kanisah (kuil). Tatkala Rasulullah SAW masuk ke Kanisah itu, mereka berhenti membacanya, lalu Rasulullah SAW bertanya :”Mengapa kamu berhenti membacanya?” Seorang yang sedang sakit di tempat itu kemudian mengambil kitab Taurat lalu membacanya sampai kepada penjelasan sifat Rasulullah SAW dan umatnya. Setelah itu orang yang membaca tersebut berucap :”Inilah sifat-sifat engkau dan umatmu, saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan sesungguhnya engkau adalah rasul (utusan) Allah.
Berikut adalah beberapa karakteristik Nabi Muhammad dalam alkitab antara lain :
(1) Bahwasanya Kerajaan Syeba (Yaman) akan tunduk pada Nabi Muhammad
“Kiranya raja-raja dari Syeba dan Seba menyampaikan upeti!” (Mazmur 72:10)
Telah habis masa kerajaan Yaman, dan tidak ada lagi seorang nabi yang nanti raja Yaman akan tunduk padanya, kecuali kepada Nabi Muhammad SAW.
(2) Bahwasanya Nabi Muhammad memiliki kekuasaan pengadilan dan hukum
“Kiranya ia mengadili umat-Mu dengan keadilan dan orang-orang-Mu yang tertindas dengan hukum!” (Mazmur 72:4)
Nabi Muhammad adalah pemimpin agama sekaligus pemimpin pemerintahan Islam. Ia memiliki kekuasaan pengadilan. Dengan kekuasaanya, ia menegakkan keadilan didaerah kekuasaannya.
(3) Bahwasanya Nabi Muhammad membawa ajaran Shalowm (Salam/Islam)
“Kiranya gunung-gunung membawa damai sejahtera (Shalowm) bagi bangsa, dan bukit-bukit membawa kebenaran!” (Mazmur 72:3)
Shalowm (bahasa Ibrani) atau Salam (Bahasa Arab) adalah arti kata Islam. Nabi Muhammad membawa ajaran Islam (Shalowm) dan menegakkan kebenaran dengan kekuasaan yang dimilikinya.
(4) Bahwasanya beliau adalah pahlawan yang menyandang pedang
“…kemurahan tercurah pada bibirmu, sebab itu Allah telah memberkati engkau untuk selama-lamanya. Ikatlah pedangmu pada pinggang, hai pahlawan…. (Mazmur 45:2-3)
(5) Bahwasanya Tuhan akan memasyurkan nama nabi Muhammad
“Aku mau memasyhurkan namamu turun-temurun; sebab itu bangsa-bangsa akan bersyukur kepadamu untuk seterusnya dan selamanya.” (Mazmur 45:17)
(6) Bahwasanya Nabi Muhammad Adalah Batu Penjuru
“Kata Yesus kepada mereka: “Belum pernahkah kamu baca dalam Kitab Suci: Batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan telah menjadi batu penjuru : hal itu terjadi dari pihak Tuhan, suatu perbuatan ajaib di mata kita . Sebab itu, aku berkata kepadamu, bahwa Kerajaan Allah akan diambil dari padamu dan akan diberikan kepada suatu bangsa yang akan menghasilkan buah Kerajaan itu .”
“yang dibuang” : Nabi Muhammad keturunan Ismail yang dibuang (diusir) oleh Sarah.
“batu penjuru” : Nabi terakhir.
“ajaib di mata kita” : Bangsa Yahudi akan memandang ajaib, karena selama ini kenabian selalu lebih banyak lahir dari mereka.
“Kerajaan Allah akan diambil dari padamu dan akan diberikan kepada suatu bangsa yang akan menghasilkan buah Kerajaan itu.” : Ertinya Kerajaan Allah akan berpindah dari Bani Israel ke Bani Ismail yang dibuang dahulu.
Nabi Muhammad bersabda :
“Sesungguhnya perumpamaan saya dengan nabi-nabi sebelumku adalah seperti perumpamaan seseorang yang membangun sebuah rumah, ia perindah dan perhiasi rumah itu, kecuali hanya satu tempat batu saja disalah satu sudut bangunan itu, maka orang-orang berthawaf (berkeliling) disekitarnya, mereka ta’jub terhadap bangunan itu seraya berkata: “Tidakkah lobang ini diletakkan satu batu?” Beliau (nabi Muhammad saw) berkata: “Aku lah satu batu itu dan akulah penutup para nabi.” (Lihat Bukhori, kitab “Manaqib”. Muslim pada kitab “Al-Fadhail”)
(7) Bahwasanya Nabi Muhammad Akan Hijrah (dari Mekkah) Dan Disambut penduduk kota Yang Didatanginya (Madinah).
(Yesaya Pasal 21:13-17)
“Ucapan ilahi terhadap Arabia . Di belukar di Arabia kamu akan bermalam, hai kafilah kafilah orang Dedan ! Hai penduduk tanah Tema , keluarlah, bawalah air kepada orang yang haus, pergilah, sambutlah orang pelarian dengan roti! Sebab mereka melarikan diri terhadap pedang, ya terhadap pedang yang terhunus, terhadap busur yang dilentur, dan terhadap kehebatan peperangan. Sebab beginilah firman Tuhan kepadaku: “Dalam setahun lagi, menurut masa kerja prajurit upahan, maka segala kemuliaan Kedar akan habis. Dan dari pemanah-pemanah yang gagah perkasa dari bani Kedar, akan tinggal sejumlah kecil saja, sebab Tuhan, Allah Israel, telah mengatakannya.”
Dedan : adalah di Arabia bagian Utara. Negeri yang dekat dengan kota Madinah daripada Tema.
Tema : adalah anak Ismail. Daerah utara dekat kota Madinah.
Kedar : adalah anak Ismail.
PERHATIAN : Nubuat kitab Yesaya sangat bertepatan karena sesuai dimana Yahweh (Allah Israel ) berfirman bahawa anak-anak Ismail di Arabia akan mendapat wahyu dari-Nya. Wahyu yang diterima Yesaya memerintahkan kepada orang-orang Tema supaya menghidangkan makanan dan minuman kepada orang-orang yang lari dari pedang. Nabi Muhammad dan umat Muslim kota Mekkah hijrah pada tahun 1 Hijriah menuju kota Madinah dimana mereka mendapat sambutan meriah dari penduduk kota Madinah.
(8) Bahwasanya setahunsetelah hijrah akan ada perang yang dimenangkan oleh beliau
(Yesaya Pasal 21:13-17)
“Ucapan ilahi terhadap Arabia . Di belukar di Arabia kamu akan bermalam, hai kafilah kafilah orang Dedan ! Hai penduduk tanah Tema , keluarlah, bawalah air kepada orang yang haus, pergilah, sambutlah orang pelarian dengan roti! Sebab mereka melarikan diri terhadap pedang, ya terhadap pedang yang terhunus, terhadap busur yang dilentur, dan terhadap kehebatan peperangan. Sebab beginilah firman Tuhan kepadaku: ” Dalam setahun lagi, menurut masa kerja prajurit upahan, maka segala kemuliaan Kedar akan habis. Dan dari pemanah-pemanah yang gagah perkasa dari bani Kedar, akan tinggal sejumlah kecil saja, sebab Tuhan, Allah Israel, telah mengatakannya.”
PERHATIAN : Nubuat ini digenapi dengan Perang Badar, dimana kaum musyrikin Kota Mekkah menyerang Nabi Muhammad saw dan pasukan Islam yang berpusat di Madinah. Nabi Muhammad berjaya melawan Kafir Musyrik Mekah. Pada tanggal 12 Rabiul Awal Tahun 1 Hijrah, Nabi Muhammad saw tiba di Kota Madinah dan Perang badar berlaku pada tanggal 17 Ramadhan thn 2 Hijriah. Jadi dengan selisih satu tahun, Nabi Muhammad saw memimpin pasukan Muslim mengalahkan Kaum Musyrikin Mekkah dalam Perang Badar.
(Ali ‘Imran 3:123-126)                                                                                                                                                                   Sungguh Allah telah menolong kamu dalam peperangan Badar, padahal kamu adalah (ketika itu) orang-orang yang lemah. Karena itu bertakwalah kepada Allah, supaya kamu mensyukuri-Nya. (Ingatlah), ketika kamu mengatakan kepada orang mukmin: “Apakah tidak cukup bagi kamu Allah membantu kamu dengan tiga ribu malaikat yang diturunkan (dari langit)?” Ya (cukup), jika kamu bersabar dan bersiap-siaga, dan mereka datang menyerang kamu dengan seketika itu juga, niscaya Allah menolong kamu dengan lima ribu Malaikat yang memakai tanda. Dan Allah tidak menjadikan pemberian bala bantuan itu melainkan sebagai khabar gembira bagi (kemenangan)mu, dan agar tenteram hatimu karenanya. Dan kemenanganmu itu hanyalah dari Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.
(9) Bahwasanya Beliau Mengendarai Unta
“Apabila dilihatnya pasukan, pasang-pasangan orang berkuda, pasukan keledai, pasukan unta, maka haruslah diperhatikannya sungguh-sungguh, dengan penuh perhatian.” (Yesaya 21:7)
PERHATIAN : Pandangan Yesaya ini terbahagi kepada dua bahagian, bahawa seorang Penunggang Keldai dan seorang Penunggang Unta, umumnya Kristen akan berkata bahwa sang penunggang Keldai itu adalah Yesus (Yohanes 12:14). Lalu siakapah yang dijanjikan akan mengendarai unta ? Tokoh yang dinubuatkan oleh Yesaya ini tidak akan pernah digenapi selain untuk Nabi Muhammad Saw. Nabi Muhammad mengendarai unta sebab ia tinggal digurun pasir.
(10) Bahwasanya Bani Ismail Akan Menyanyikan Nyanyian Baru Bagi Tuhan
“Nyanyikanlah nyanyian baru bagi Tuhan dan pujilah Dia dari ujung bumi! Baiklah laut bergemuruh serta segala isinya dan pulau-pulau dengan segala penduduknya. Baiklah padang gurun menyaringkan suara dengan kota-kotanya dan dengan desa-desa yang didiami Kedar! Baiklah bersorak-sorai penduduk Bukit Batu, baiklah mereka berseru-seru dari puncak gunung-gunung! Baiklah mereka memberi penghormatan kepada Tuhann, dan memberitakan pujian yang kepada-Nya di pulau-pulau.” (Yesaya 42:10-12)
PERHATIAN : Nyanyian bagi mereka adalah nyanyian Azan, Ziikir, dan Takbir kepada Allah swt. Hingga kini hanya ada nyanyian Azan di Arab Saudi, bukan nyanyian Gereja karena 100% penduduk Arab Saudi adalah muslim. Bukit Batu adalah merujuk di kota Madinah. Selain itu kata “NYANYIAN” ini adalah perkataan simbolik ataupun metafora atau lebih mudah jika saya katakan adalah kiasan. Bacaan Al-Quran juga merupakan Nyanyian Baru dari Allah swt kepada seluruh alam. Al-Quran dibaca berlagu dan berirama, mukjizat ini juga memenuhi maksud bahawa manusia suka pada yang berirama dan berlagu kerana Irama dan Lagu adalah Fitrah bagi manusia dari Allah swt.
(11) Bahwasanya kambing dan domba Nebayot dan Kedar akan dipersembahkan di Baitullah (Bait Allah)
“Segala kambing domba Kedar akan berhimpun kepadamu, domba-domba jantan Nebayot akan tersedia untuk ibadahmu; semuanya akan dipersembahkan di atas mezbah-Ku sebagai korban yang berkenan kepada-Ku, dan Aku akan menyemarakkan rumah keagungan-Ku. ” (Yesaya 60:7)
PERHATIAN : Umumnya Kristian akan berkata bahwa Yesaya 60:7 ini adalah untuk Yesus. Namun sejarah hingga kini mencatat Nebayot, Kedar, dan keturunan Ismail lainnya hanya tunduk kepada Nabi Muhammad saw. Rumah keagungan-Ku adalah Baitullah di Ka’bah dan BUKANNYA Basilika St Petrus di Roma dan Gereja di Yerusalem. Ini Karena Bani Ismail tidak pernah mempersembahkan kambing dan domba untuk korban kepada Paus Roma maupun Uskup di Yerusalem.
(12) Bahwasanya Beliau Senantiasa Didoakan setiap waktu
“Kiranya ia didoakan senantiasa, dan diberkati sepanjang hari!” (Mazmur 72:15)
PERHATIAN : Beginilah keadaan Nabi Muhammad saw, umat Muslim selalu mendoakan dan memberkati setiap kalinya dalam sholat (sembahyang) yakni melalui salawat. Selawat ini bermaksud sebagai tanda Terima Kasih kami umat islam kepada Baginda saw yang membawa petunjuk kepada kebenaran. Ganjaran selawat kepada Nabi Muhammad saw itu juga akan dikembalikan kebaikannya kepada mana-mana individu yang mengamalkannya dengan izin Allah swt.
(13) Bahwasanya Beliau akan memimpin 10.000 pasukan menaklukkan Paran
Ulangan 33:2 (KJV Bible)
“And he said, The Lord came from Sinai, and rose up from Seir unto them; he shined forth from mount Paran, and he came with ten thousands of saints: from his right hand went a fiery law for them.
“Berkatalah ia: “Tuhan datang dari Sinai dan terbit dari Seir kepada mereka; Ia tampak bersinar dari pegunungan Paran dan datang dengan 10.0000 orang kudus; di sebelah kanannya tampak kepada mereka api yang menyala.”
Kata “RIGHT HAND” dapat diertikan sebagai arah “Selatan” . Tentu menjadi persoalan, mengapa “Right Hand” ertinya “Selatan”?. Cuba kamu berdiri tegak dengan kedudukan yang sempurna menghadap ke arah Timur, lalu rentangkan kedua tangan kamu. Maka ketika kamu berdiri tegak menghadap ke arah ”Timur” maka Tangan Kiri kamu akan menghadap ke arah ”Utara”, dan Tangan Kanan kamu akan menghadap ke arah “Selatan”.
Mungkin kamu akan bertanya lagi : “Mengapa arahnya harus menghadap ke Timur?” Jawapannya adalah berdasarkan Kitab Ulangan 33:2 menyebut Tuhan ini diibaratkan Matahari yang bersinar. Sudah tentu Matahari bersinar dari arah Timur dipagi hari. Sehingga ketika kamu menghadap ke arah “Timur”, Tangan Kiri kamu menghala ke arah “Utara”, Tangan Kanan kamu akan menghala ke arah “Selatan”. Kamu boleh praktikkan hal ini sendiri.
Jadi penafsirannya adalah;
“Dan ia berkata, Tuhan datang dari Sinai, dan terbit kepada mereka dari Seir, ia bersinar dari pegunungan Paran, dan ia datang dengan 10.000 orang kudus dari Selatan dengan hukum yang berapi-api. ” (Ulangan 33:2)
“Sinai” : adalah Tempatnya Musa.
“Seir” :  adalah Palestin, yakni tempat Yesus (Nabi Isa a.s).
“Dan di pegunungan Paran” : Nabi Muhammad saw datang menakluk Kota Mekkah beserta 10.000 orang dengan hukum yang berapi-api.
Menarik untuk diperhatikan bahawa Bible Revisi Terbaru yakni Today’s New International Version (TNIV) dan New International Version (NIV) – meskipun mempunyai perbezaan dengan pernyataan Bible KJV, namun Kitab tersebut TETAP MENYATAKAN bahwa Paran terletak di Selatan.
Ulangan 33:2 (TNIV dan NIV)
“He said: “The LORD came from Sinai and dawned over them from Seir; he shone forth from Mount Paran. He came with [a] myriads of holy ones from the south, from his mountain slopes.”
(14) Bahwasanya Kiblat tidak lagi di Yerusalem
“Nenek moyang kami menyembah di atas gunung ini, tetapi kamu katakan, bahwa Yerusalemlah tempat orang menyembah.” Kmdn Yesus berkata: ” hai perempuan, percayalah kepadaku, saatnya akan tiba, bahwa kamu akan menyembah Bapa bukan di gunung ini dan bukan juga di Yerusalem. (Yohanes 4:20)
PERHATIAN : Kitab Yohanes diatas mencatat sabda Yesus tentang bagaimana cara menyembah (worship) Allah yang benar dan bila TIBA MASANYA NANTI KIBLAT TIDAK BERADA DI JERUSALEM. Berpindahnya KIBLAT tempat menyembah Allah, tidak akan pernah terjadi selain daripada masa kenabian Muhammad saw.
(D) Apakah Mereka Tidak Beriman?
Dari sekian banyak contoh dari khabar gembira yang telah disebutkan diatas, sangat jelas paada kita bahwa kitab-kitab suci terdahulu yakni Taurat, Mazmur (zabur), kitab-kitab suci Yahudi lainnya, dan Injil telah mengisyaratkan agar umatnya dapat mengenali sang Nabi Penutup. Hal ini telah ada berabad-abad sebelum sang Nabi penutup yakni Nabi Muhammad SAW diutus oleh Allah.
Berita gembira tentang diutusnya Nabi Muhammad saw sangat masyhur sekali dikalangan umat-umat terdahulu. Kerana nabi-nabi mereka telah mengkhabarkan tentang kedatangan Nabi Muhammad SAW. Dan berita-berita yang terdapat dalam kitab-kitab suci samawi terdahulu inilah yang menyebabkan kebanyakan orang masuk Islam.
Sebagaimana Ahli kitab (Yahudi dan Nasrani), mereka menunggu kedatangan Nabi Terakhir. Maka tatkala ia datang, mereka yang menhetahui ajaran Taurat diantaranya adalah Abdullah Bin Salam dan Allah swt menceritakan hal ini dalam surat al-Ahqaf ;
“Katakanlah: “Terangkanlah kepadaku, bagaimanakah pendapatmu jika Al Quran itu datang dari sisi Allah, padahal kamu mengingkarinya dan seorang saksi dari Bani Israil mengakui (kebenaran) yang serupa dengan (yang tersebut dalam) Al Quran lalu dia beriman, sedang kamu menyombongkan diri. Sesungguhnya Allah tiada memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.” (QS Al Ahqaaf 10)
Dan sebahagian dari ahlulkitab (Yahudi dan Nasrani) itu ada yang berpaling terhadap kebenaran. Timbullah perasaan iri dan dengki dikalangan mereka. Bahkan mereka terus-menerus memusuhi, membenci, dan memerangi baginda saw. Kemudian mereka mempelajari teks-teks Alkitab yang menyebutkan tentang nama dan karakteristik Nabi Muhammad, lalu mengeditnya (mengubahsuai mengikut kemahuan mereka).
“….. kamu jadikan kitab itu lembaran-lembaran kertas yang bercerai-berai, kamu perlihatkan (sebahagiannya) dan kamu sembunyikan sebahagian besarnya …..” (Surah Al-An’am :91)
“….. Yaitu orang-orang Yahudi, mereka mengubah perkataan dari tempat-tempatnya …..” (Surah An-Nisaa’ 4:46)
“….. Kami jadikan hati mereka keras membatu. Mereka suka merobah perkataan (Allah) dari tempat-tempatnya …..” (Surah Al Maa’idah 5:13)
“….. sesungguhnya sebahagian besar dari orang-orang alim Yahudi dan rahib-rahib Nasrani benar-benar memakan harta orang dengan jalan batil dan mereka menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah.” (QS At Taubah :34)
“Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada Allah dan rasul-rasul-Nya, dan bermaksud memperbedakan antara (keimanan kepada) Allah dan rasul-rasul-Nya, dengan mengatakan: “Kami beriman kepada yang sebahagian dan kami kafir terhadap sebahagian (yang lain)”, serta bermaksud mengambil jalan di antara yang demikian, merekalah orang-orang yang kafir sebenar-benarnya. Kami telah menyediakan untuk orang-orang yang kafir itu siksaan yang menghinakan.” (Surah An Nisaa’ 4:150-151)
Penggantian dan perubahan terhadap isi alkitab terus-menerus dilakukan oleh pendeta Kristian hingga saat ini. Namun, isyarat yang pasti dan bukti yang nyata dalam Alkitab hingga kini masih terdapat sisa-sisa keterangan (yang masih belum diedit) yang dengan jelas menyebutkan tentang karakteristik Nabi Muhammad SAW. Jika semua ayat-ayat itu tidak dituju kepada Nabi Muhammad saw, maka Ramalan Kenabian dalam Alkitab tidak akan lengkap dan tidak akan terpenuh sehingga ke Hari Kiamat.
Penulis telah mendapatkan dalam Alkitab mengenai nama, karakteristik, tempat ia diutus, juga disebutkan pula tutur kata beliau, dan peristiwa hijrah Nabi Muhammad dan kekalahan musuh-musuhnya. Semua karakteristik itu tidak sesuai bagi setiap orang kecuali pada diri Nabi Muhammad SAW.
“Sesungguhnya agama disisi Allah hanyalah Islam……” (QS Ali ‘Imran 19)
RUJUKAN :                                                                                                                                                                                                        
1.    Ensiklopedi Hukum Islam, Jilid 3, halaman 757, Penerbit PT Ichtiar Baru Van Houve, Jakarta, cetakan keenam, 2003.
2.    Muhammad Dalam Kitab Samawi, Oleh Syeikh Abdul Majid A. Zainuri, Penerbit Iqra Insan Press, cetakan pertama, 2004.
3.    Ensiklopedi Hukum Islam, Jilid 3, halaman 757, Penerbit PT Ichtiar Baru Van Houve, Jakarta, cetakan keenam, 2003.
King James Version Bible.
4.    Alkitab terbitan Lembaga Alkitab Indonesia.
"Some Arab Christian in Syriac Church had translated one passage of the Gospels in such a way as to indicate that they expecting Muhammad's message. Jesus has said that after his death he would send his disciples a COMFORTER (the paraclete), who would remind them of everything he had taught them and help them to understand it."
(referensi diambil dari "The life of Muhammad karya A Guillaume, London, 1955)
In the Syriac lectionary "Paraclete" had been translated by the word MUNNAHHEMA, which after the event, seem very close to MUHAMMAD. Other Arab Christians had read peryklytos instead of paraclete which translated by the Arabic "Ahmad This was a common name in Arabia and, like "Muhammad, it means The Praised One"
(referensi diambil dari "Muhammad: The Man and His Faith" karya Tor Andrae, terbitan Theophil Menzel, London, 1936)



Dari Mut'im r.a. katanya :
Rasulullah Saw bersabda : 'Sesungguhnya aku mempunyai
beberapa nama: Aku Muhammad (yang amat dipuji), *Aku
Ahmad (yang banyak memuji)*, Aku yang penghapus karena
aku Allah menghapuskan kekafiran, Aku pengumpul yang
dikumpulkan manusia dibawah kekuasaanku dan aku
pengiring yang *TIADA KEMUDIANKU SEORANG NABIPUN*.(HR.
Muslim)
Dari Abu Musa Al Asy'ari r.a. katanya :
'Pernah Rasulullah Saw menerangkan nama diri beliau
kepada kami dengan menyebut beberapa nama: Aku
Muhammad, *Aku Ahmad*, Aku pengiring dan pengumpul,
Nabi (yang menyuruh) tobat dan Nabi (yang membawa)
rahmat.' (HR. Muslim)
Hubunganku dengan kenabian seperti layaknya
pembangunan suatu istana yang terindah yang pernah
dibangun. Semuanya telah lengkap kecuali satu tempat
untuk satu batu bata. Aku mengisi tempat tersebut dan
sekarang sempurnalah istana itu. (HR. Bukhari dan
Muslim)
Ahmad berarti 'yang paling banyak memuji' (aktsaru
hamdan lillahi).
Kata Ahmad ini af'al tatdhil dari 'hamida', yang
menunjukkan bahwa pujian yang dipersembahkannya,
dilakukannya kepada Tuhan, lebih utama dari pujian
orang-orang terhadap dirinya.
Nama 'Muhammad' menunjukkan sifat kebesaran,
kemenangan dan kemuliaan, yakni yang lazim disebut
sifat Jalali. Sedang nama 'Ahmad' menunjukkan sifat
keindahan, keelokan dan kehalusan budi, yakni jang
lazim disebut sifat Jamali.
Disini letak perbedaan antara 'Ahmad' dan 'Muhammad' :
Muhammad adalah 'yang amat dipuji', artinya banyak
sekali pujian yang diberikan oleh orang kepada dirinya
bahkan hingga Tuhan sendiri memuji keagungan dari
kepribadian beliau.
Ibnu Marduwiyah telah meriwayatkan dari Ubay Bin Ka'ab
r.a., katanya :
"Aku telah diberi, apa yang tidak diberikan kepada
Nabi-nabi Allah." Bertanya Ka'ab r.a: "Apakah itu, ya
Rasulullah ?" Bersabda Rasulullah Saw: "Aku telah
ditolong diwaktu ketakutan, aku diberi kunci pembuka
bumi, aku dinamai Ahmad. Dijadikan bagiku tanah untuk
bersuci dan dijadikan umatku sebaik-baik umat."
Kata 'Penolong, Penghibur' dalam Bible masa kini
adalah terjemahan dari kata Yunani (Griek)
'Paracletos' yang asalnya adalah 'Periclutos',
sedangkan kata Aramia yang diucapkan oleh Isa Almasih
adalah 'Mauhamana' yang artinya 'Yang dipuji'.
Parakletos yang menurut kamus berarti 'Pembela
perkara, pengacara', sedangkan 'Periklutos' berartikan
'Terkenal dimana-mana'.
Parakletos dalam arti 'Pembela perkara, pengacara,
advokat' menunjukkan bahwa Nabi Muhammad Saw yang
membela perkara Jesus yang kenabiannya ditolak oleh
orang Yahudi dan menuduhnya sebagai anak haram
sekaligus membela Jesus dari pengklaiman pihak Kristen
Trinitasnya Paulus bahwa Jesus adalah Anak Tuhan atau
Tuhan yang menyamar dan telah tersalibkan.
Periklutos dalam arti 'masyur kemana-mana, terpuji
dimanapun' adalah terjemahan dari kata Aramia
'Mauhamana' yang artinya 'Yang dipuji, yang terpuji'
dan dalam bahasa Arabnya adalah Muhammad, Ahmad,
Mahmud.
Song of Solomon 5:16
"His mouth is most sweet: yea, he is altogether
lovely. This is my beloved, and this is my friend, O
daughters of Jerusalem."
Ucapan "he is altogether lovely" jika dibaca dalam
bahasa Yahudi (Hebrew) sebagai "he is Mahamaddim."
Akhiran 'im' adalah merupakan bentuk jamak untuk
sebuah penghormatan, keagungan tertinggi dan kemuliaan
sebagaimana yang biasa diberikan juga kepada sifat
Elohim (Tuhan), didalam AlQur'an sifat ini juga
disebutkan pada Surah 33:21 yang merefer pada diri
Nabi Muhammad Saw.
Tanpa akhiran 'im' kalimat tersebut menjadi Mahammad
yang jika diterjemahkan adalah 'Yang paling banyak
memuji' atau dalam bahasa Arabnya adalah Ahmad dan
dalam bahasa inggrisnya biasa diterjemahkan dengan
kalimat 'altogether lovely'.
Bahasa Yahudi memiliki banyak kesamaan dalam beberapa
hal dengan bahasa Arab.
Misalnya didalam bahasa Yahudi, kata 'Shalom' adalah
sama dengan kata 'Salam' didalam bahasa Arab yang
berarti 'Damai', kalimat tersebut diambil dari akar
kata 'S, L dan M'.
Dalam bahasa Yahudi itu juga, kata Mahmad, Mahamod,
Himdah dan Hemed muncul dalam Perjanjian Lama yang
menurut bahasa Arabnya adalah Muhammad dan Ahmad
dimana kesemua asal katanya diambil dari akar kata 'H,
M dan D' yang merujuk kepada pengertian umum yang
sama.
Bagaimana dan kenapa 'Parakletos' diterjemahkan dalam
Bible masa kini menjadi 'Penghibur (Trooster,
Comforter)' tidak seorangpun yang mengetahuinya !!!
Comforter yang berarti 'penghibur' lebih banyak
digunakan dalam Bible 'Authorised King James Version'.
Namun, perlu ditanyakan kepada umat Kristen apakah Isa
Almasih berkomunikasi dalam bahasa Inggris ?
Ataukah dalam bahasa Arab sehingga dia dikatakan
sebagai 'AlMu'azzi' ?
Tentu umat Kristen akan menjawab 'Tidak !'
Karena Almasih bukan orang Arab atau Inggris, lalu
apakah Almasih mengatakan 'Yamtsu Kuzizi' seperti
Injil bahasa Afrika ? Jawabnya tentu tidak juga !
Dalam penamaan 'Roh Kudus', umat Kristen telah
tergelincir dalam penamaan yang tidak tepat. Kata jiwa
atau roh, gas, dan udara diterjemahkan dari bahasa
Yunani 'Pneuma'. Namun dalam kitab suci yang berbahasa
Yunani, kata tersebut tidak diterjemahkan khusus
sebagai roh.
Dalam menerjemahkan kata Yunani 'Pneuma', penyusun
naskah Versi Raja James, yang juga dinamakan naskah
rujukan atau naskah Roma Katolik lebih mengutamakan
penggunaan kata 'Ghost' yang bermakna 'Hantu' atau
'Bayangan' daripada menggunakankata 'Spirit' dengan
makna 'Roh'.
Sementara itu pada versi standar yang telah diperbaiki
dan merupakan versi terbaru, telah terjadi perubahan
kata "Holy ghost" /hantu atau bayangan kudus/ dengan
kata 'Holy spirit' atau roh kudus.
But the comforter which is 'the holy spirit' whom the
father will send in my name, he shall teach you all
things and bring all things to your rememberance what
so ever I have said unto you.
(Johanes 14:26)
Coba anda bandingkan dengan isi St. John 14.26
sebelumnya yang saya kutipkan dari The Bible, A.D.
1611, The British and Foreign Bible Society London.
Perhatikan perbedaan penggunaan kata 'The holy spirit'
dengan 'The holy ghost' !
Jika kita amati, tidak ada penginjil dari tingka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar