Senin, 09 April 2012

TUHAN ISLAM vs TUHAN YAHUDI vs TUHAN KRISTEN


Arab             Indon        inggris        Yunani               Ibrani 
ILAH           TUHAN    GOD          TOU/THEOS     יהוה (yahuwe)
ALLAH       ALLAH     GOD          TOU/THEOS   
אלוהים (elohim)

PENGGABUNGAN DUA KATA, TUHAN dengan ALLAH menurut BAHSA IBRANI DAN ARAB
אלוהים יהוה =YAHWE ELOHIM  ==artinya: TUHAN ALLAH =
الله  =Allahu  (merupakan gabungan huruf  اله -هو )ilah-huwa) yang mirip dengan ELOHIM atau EL-HIM.
 
BERDASARKAN KAJIAN BAHASA DI ATAS maka dapat dipahami BAHWA MUSA Juga menyembah ALLAH, karena ALLAH dalam bahasa Arab adalah ELOHIM dalam bahasa Ibrani.
 
Hal ini dibuktikan dengan AYAT ALQUR’AN DAN TAURAT berikut:
1. QUR’AN:
QS. THAHAA 11: Maka ketika ia datang ke tempat api itu ia dipanggil: "Hai Musa.
QS.THAHAA 12: Sesungguhnya Aku inilah Tuhanmu, maka tanggalkanlah kedua terompahmu; sesungguhnya kamu berada di lembah yang suci, Thuwa.
QS. THAHA 13: Dan Aku telah memilih kamu, maka dengarkanlah apa yang akan diwahyukan (kepadamu).
QS. THAHA 14: Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku.

QS. AN-NAML 9: (Allah berfirman): "Hai Musa, sesungguhnya Akulah Allah, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana,
 
TORAH/TAURAT/PERJANJIAN LAMA:

Keluaran  6:1 Selanjutnya berfirmanlah Allah kepada Musa: "Akulah TUHAN.

Dalam bahasa Ibrani:

Keluaran 6:1 U-iamr ieue al-mshe othe thrae ashr aoshe l-phroe ki b-id chzqe ishlch-m.
PADA AYAT INI DIGUNAKAN KATA “IEUE=YAHWE yang artinya: TUHAN.

Keluaran  3:14 Firman Allah kepada Musa: "AKU ADALAH AKU." Lagi firman-Nya: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel itu: AKULAH AKU telah mengutus aku kepadamu."
Dalam bahasa Ibrani:

Keluaran  3:14 U-iamr aleim al-mshe aeie ashr aeie u-iamr ke thamr l-bni ishral

JIKA DI TERJEMAHKAN SECARA TEKSTUAL maka akan diperoleh kalimat sbb:
Keluaran 3:14: ELOHIM memerintahkan kepada musa ……..AKU ADALAH AKU ….

SEHINGGA DENGAN MUDAH DIPAHAMI bahwa nama ELOHIM adalah tuhan sendiri yang menamai diri-NYA…


PADA AYAT INI MUSA mengenal TUHAN dengan sebutan EL-HI (ELOHIM atau ALLAH (arab).


Keluaran  3:15 Selanjutnya berfirmanlah Allah kepada Musa: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel: TUHAN, Allah nenek moyangmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub, telah mengutus aku kepadamu: itulah nama-Ku untuk selama-lamanya dan itulah sebutan-Ku turun-temurun.

KALAU GAK ALLAH memperkenalkan dirinya. LANTAS DARIMANA MUSA tahu nama TUHANNYA itu ELOHIM (ALLAH)???


KESIMPULAN: Musa menyembah ELOHIM (ibrani) yang berti ALLAH atau nama TUHAN secara khusus. Dan Menyembah YAHWE (nama sebutan untuk kata SEMBAHAN/TUHAN secara umum) atau kata ILAHI atau HUA dalama bahasa ARAB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar