Kamis, 12 April 2012

BIBLE MENGJARKAN POLIGAMI


Sebelum kami mengetengahkan ayat-ayat dalam ALKITABIAH tentang praktek poligami yang dilakukan para Nabi dalam ALKITAB, maka perlu sangat saya berikan prolog pendapat seorang tokoh penting Pendiri Denominasi Protestan, Martin Luther, tentang Poligami.
Martin Luther sang reformatori atau mbahnya kaum Evangelist, dalam bukunya “Der Beichrat” – (The Confessional Advice) – mengijinkan Pangeran Landgrave Philipp von Hesse melakukan poligami. Ini lebih baik daripada Pangeran itu meneruskan kebiasaan kumpul kebo dan sex bebasnya.
Beberapa tahun sebelumnya, Martin Luther dalam suratnya kepada Kanselerir Saxon Gregor Brueck mengatakan poligami itu bahkan tidak bertentangan dengan Alkitab. – “Ego sane fateor, me non posse prohibere, si quis plures velit uxores ducere, nec repugnat sacris literis.Artinya I could not forbid a person to marry several wives, for it does not contradict Scripture.” yaitu bermakna “Aku tak bisa melarang pria yang menikahi beberapa istri karena hal ini tidak bertentangan dengan ALKITAB. (sumber literatur)
Baiklah, anda tentu sangat mengenal Martin Luther yang sangat terhormat dikalangan Gereja Reformis. Ucapannya bahwa hal ini tidak bertentangan dengan ALKITAB tentunya didasarkan pada dalil-dalil. Berikut ini kami sajikan dalil praktek poligami oleh para manusia Kudus itu.

Poligami Abraham

Istri Pertama Sarah di Kejadian 11:29 Abram dan Nahor kedua-duanya kawin; nama isteri Abram ialah Sarai
Istri Kedua Hagar di Kejadian 16:3 Jadi Sarai, isteri Abram itu, mengambil Hagar, hambanya, orang Mesir itu, –yakni ketika Abram telah sepuluh tahun tinggal di tanah Kanaan–,lalu memberikannya kepada Abram, suaminya, untuk menjadi isterinya.
Istri Ketiga Keturah di Kejadian 25:1. Abraham mengambil pula seorang isteri, namanya Ketura.

Poligami Moyang Bani Israel, Nabi Yakob bar Ishak

Menikahi Lea Istri pertama dalam Kitab Kejadian 29:22-23
“Lalu Laban mengundang semua orang di tempat itu, dan mengadakan perjamuan.Tetapi pada waktu malam diambilnyalah Lea, anaknya, lalu dibawanya kepada Yakub. Maka Yakubpun menghampiri dia”
Menikahi Rahel adik Lea di Kitab Kejadian 29:30
“Yakub menghampiri Rahel juga, malah ia lebih cinta kepada Rahel dari pada kepada Lea”
Mengumpuli budak Rahel bernama Bilha di Kejadian 30:4
“Maka diberikannyalah Bilha, budaknya itu, kepada Yakub menjadi isterinya dan Yakub menghampiri budak itu.”
Mengumpuli budak Lea bernama Zilpaa di Kejadian 30:9
“Ketika dilihat Lea, bahwa ia tidak melahirkan lagi, diambilnyalah Zilpa, budaknya perempuan, dan diberikannya kepada Yakub menjadi isterinya.”

Poligami pembangun Bait Kudus, Raja Salomo

1 Raja-raja 11:3 Ia mempunyai tujuh ratus isteri dari kaum bangsawan dan tiga ratus gundik; isteri-isterinya itu menarik hatinya dari pada TUHAN.

Poligami Raja Daud Raja Bani Israel ayah Salomo

Pernikahan pertama dengan Mikhal anak Saul pada 1 Samuel 18:27
“…… Kemudian Saul memberikan Mikhal, anaknya, kepadanya menjadi isterinya”
Dan tujuh istri yang lain pada 1 Tawarikh 3:1-9 yakni:
  1. Ahinoam, perempuan Yizreel
  2. Abigail, perempuan Karmel;
  3. Maakha, yakni anak perempuan Talmai, raja Gesur
  4. Hagit
  5. Abital
  6. Egla
  7. Batsyua(Betsyeba) binti Amiel
Belum terhitung adalah para budak hamba Nabi Daud

Poligami Nabi Musa

Dengan Ziporah di Keluaran 2:21 Musa bersedia tinggal di rumah itu, lalu diberikan Rehuellah Zipora, anaknya, kepada Musa.
Dengan perempuan Kush di Bilangan 12:1. And Miriam and Aaron spake against Moses because of the Ethiopian woman whom he had married: for he had married an Ethiopian woman.
dalam ALKITAB LAI di terjemahkan”12:1. Miryam serta Harun mengatai Musa berkenaan dengan perempuan Kush yang diambilnya, sebab memang ia telah mengambil seorang perempuan Kush.”
Jadi,wahai anda kaum Nasrani,semoga ALLAH memberimu hidayah ISLAM, anda tak perlu meragukan Kenabian Muhammad sholallahu alaihi wassalaam. Poligami beliau tidaklah asing sebagaimana poligami para Nabi2 lainnya yang ada dalam ALKITAB. Semoga dengan adanya artikel ini menambah keyakinan dalam diri anda kepada keyakinan ISLAM yang sedang anda pelajari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar